Review: Totto-chan Gadis Cilik di Jendela

Judul: Totto-chan – Gadis Cilik di Jendela
Penulis: Tetsuko Kuroyanagi

Well, not much I can say here. Totto Chan – Gadis Cilik di Jendela memang buku yang menyenangkan untuk dibaca, baik oleh anak-anak ataupun orang dewasa. Sekilas buku ini mirip seperti kumpulan cerita pendek dari kehidupan penulisnya sewaktu beliau masih kecil dan duduk dibangku sekolah dasar. Disini penulis, Tetsuko Kuroyanagi membagi kisah kecilnya ketika dia bersekolah di Tomoe Gakuen – sekolah yang memiliki kepala sekolah yang sangat luar biasa dan memahami murid-muridnya, Sosaku Kobayashi.

Tomoe Gakuen bukanlah sekolah SD seperti kebanyakan – ruang kelasnya saja dari gerbong kereta api, tidak ada gerbang sekolah yang ada hanya tiang dengan dihiasi berbagai macam tanaman sebagai pintu masuknya. Tomoe Gakuen memiliki kepala sekolah dan para pengajar yang luar biasa. Di Tomoe murid diberi kebebasan untuk belajar dan berkembang, para murid diajarkan untuk mencintai sesamanya tanpa memandang kekurangan masing-masing. Salah satu-nya adalah pelajaran berenang tanpa memakai pakaian sama sekali – tujuannya agar murid yang memiliki cacat tubuh tidak merasa malu dengan kondisi mereka.
Tomoe Gakuen benar-benar sekolah yang mengagumkan – saya sampai iri sekali sama Totto chan, hehee..

Thank God! Di Indonesia sudah ada beberapa sekolah yang menerapkan cara pembelajaran seperti yang dilakukan di Tomoe, belum menyeluruh memang tapi tahu bahwa Indonesia juga sudah menerapkan hal yang serupa, cukup membikin hati senang ^_^
Tetsuko menceritakan tiap kisahnya dengan bahasa khas anak-anak, bagaimana keluguan mereka dan tingkah polahnya yang ajaib bisa membuat kita kadang tertawa-tawa, terharu juga berpikir keras.

Saya suka buku ini – banget!
Recommended book buat para pengajar dan orang tua ^_^v

“Kau akan mengembalikan semuanya kalau sudah selesai kan?” tanya Kepala Sekolah kepada Totto-chan .. (hal 58)

One thought on “Review: Totto-chan Gadis Cilik di Jendela

  1. Pingback: Review: Little Men « [ roem:pi boekoe ]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s