Review: The Doomsday Conspiracy

Image

Judul: The Doomsday Conspiracy
Penulis: Sidney Sheldon
Penerbit: Gramedia Pustaka Utama
ISBN: 9795114883
ISBN-13: 9789795114888
Halaman: 544 hlm.

Suatu hari di Pegunungan Alpen, Swiss, sebuah pesawat luar angkasa jatuh (selanjutnya kita sebut UFO). Jatuhnya UFO tersebut dilihat oleh serombongan peserta tur dan beberapa orang yang kebetulan ada ditempat peristiwa itu berlangsung.

Ditempat yang berbeda, seorang Agen Intelijen Angkatan Laut (ONI, Office of Naval Intelligence), Letkol Robert Bellamy, mendapat tugas dari Badan Keamanan Nasional (NSA, National Security Agency) yang dikepalai oleh Jendral Hilliard. Robert diminta untuk menemukan para saksi mata jatuhnya balon cuaca di Swiss.

Robert memulai pencariannya tanpa petunjuk apapun selain lokasi jatunya balon cuaca tersebut, Pegunungan Alpen, Swiss.
Ketika tiba di Swiss, Robert berhasil menjumpai saksi mata yang pertama, seorang sopir Bus Wisata bernama Hans Beckerman. Darinya diketahui bahwa yang jatuh bukanlah sebuah balon cuaca melainkan sebuah pesawat luar angkasa (UFO), berikut penumpangnya yang sudah tewas karena kecelakaan tersebut.

Robert merasa bahwa pihak NSA menutupi sesuatu – mereka tidak menyebutkan tentang peswat luar angkasa dan makhkluk asing, ada apa ini? Meski begitu Robert tetap menjalankan tugas yang diberikan dengan mencari kesemua saksi mata – totalnya ada 10 saksi mata, tapi ketika Robert sampai di saksi mata kesepuluh, dia menyebutkan bahwa masih ada saksi kesebelas – siapakah saksi kesebelas? kenapa saksi-saksi yang lain tidak ada yang mengingat ada saksi kesebelas ini? dimanakah dia?

Robert kehilangan akal, dia tidak tahu informasi apapun tentang saksi ke sebelas, jadi dia memutuskan untuk mencari lagi dari awal – artinya dia harus bertanya ulang pada saksi-saksi sebelumnya. Kenyataannya, para saksi mata itu sudah tewas. Robert sadar bahwa berikutnyalah dia yang akan tewas – karena dia juga termasuk orang yang mengetahui tentang peristiwa jatuhnya UFO di Swiss.

Tidak lama setelah saksi mata kesepuluh dinyatakan tewas – hampir semua dinas rahasia menginginkan nyawa Robert Bellamy. Ada kekuatan dan kekuasaan tersembunyi disini – siapakah orang-orang itu? apakah mereka orang-orang pemerintahan? mengapa hanya karena sebuah UFO banyak orang harus mati, termasuk juga dirinya? Robert disibukkan dengan berbagai pertanyaan yang susah dijawabnya.

Mampukan Robert menyelamatkan diri disaat tidak ada seorangpun yang bisa dipercaya, bahkan orang terdekatnya sekalipun. Lalu, siapakah sebenanrnya saksi kesebelas itu?

Nah, sekarang penilaian saya terhadap buku ini:
tiring but it’s fun, jujur saja ini buku yang cukup melelahkan bagi saya – mungkin karena saya sendiri sempat wakum cukup lama dari kegiatan membaca, lalu tiba-tiba, *jeng-jeng* I’m reading this book.
kenapa melelahkan – karena ceritanya aseli lama banget – jujur saja, bagian Robert mengenang masa lalunya dengan Susan itu agak annoying buat saya, karena terlalu sering dimunculkan. dan yang kedua, ini masih jadi pertanyaan sampai buku ini selesai saya baca – siapa itu Dustin Thornton? keberadaannya dicerita ini itu perlu ngga sih sebenernya?

dan – yah semoga ini yang terakhir – saya ngga suka endingnya, meski happy ending tapi ini terlalu cepat rasanya seperti jatuh dari gedung. Begitu klimaks langsung ending – tidak ada anti-klimaks. Saya sampai terngangga sendiri dengan akhir ceritanya.

Yang saya sukai dari cerita ini – bagian kejar-kejaran dan aksi mata-mata yang di lakukan Robert – otomatis bayangan saya adalah film James Bond, saya juga suka ide Sidney Sheldon dengan menghadirkan sosok Graceful One, it’s cute, hehehe..

Well, this is it. Happy reading ^_^

Review ini diikutan dalam event: TBRR Pile Mystery Reading Challenge

2 thoughts on “Review: The Doomsday Conspiracy

  1. Pingback: Reading Challenge: New Authors 2013 « [ roem:pi boekoe ]

  2. Ini cerita yg agak berbeda dari master-suspense Sidney Sheldon, tentang alien :D asyik juga membacanya, dulu yg edisi lama 3-4 buku klo tdk salah, yg terbaru langsung 1 buku ya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s